Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jalur Rangkaian Sistem Pengapian Motor Yamaha RX King

Mengenal jalur rangkaian sistem pengapian motor Yamaha RX king, Halo sobat mazyanto, setelah sekian lama vakum kali ini muncul kembali dengan pembahasan mengenai pengapian pada motor Yamaha RX king.

Kita tahu bahwa motor legen ini merupakan salah satu kendaraan yang sangat populer pada masa nya, dan bahkan saat ini juga menjadi barang koleksi yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Yamaha RX king sendiri adalah motor jenis 2 tak yang masih menggunakan sistem pembakaran tidak sempurna sehingga pada proses nya bahan bakar yang di konsumsi menjadi lebih banyak atau lebih boros, hal ini terjadi karena pada proses pembakarannya campuran bahan bakar dan Udara tidak terbakar semua, melainkan ada sisa yang langsung keluar melalui ruang exhaus manifol.

Sedangkan untuk sistem pengapian itu sendiri sebenernya tidak jauh berbeda dengan kendaraan pada umumnya diantaranya ada spul, CDI , coil dan busi, karena memang rangkaian ini menggunakan sistem AC

Nah untuk lebih jelas nya lagi mari kita kupas rangkaian pengapian tersebut dengan cara menganalisa pada setiap komponen nya.

inilah jalur rangkaian sistem pengapian pada motor yamaha rx king




Rangkaian sistem pengapian motor Yamaha RX king:

Perlu diketahui bahwa pada CDI ini memiliki 5 jalur bagian kabel yang tujuannya berbeda-beda, diantaranya adalah:

1. Untuk kabel merah hitam sendiri merupakan kabel yang menghubungkan  dari CDI menuju  spul pengapian.

2. Untuk kabel berwarna merah putih itu sendiri adalah kabel dari CDI tersambung ke pulser yang terletak di bagian bak magnet. Sedangkan untuk fungsinya sendiri sama yaitu mengirim sinyal pengapian ke CDI.

3 untuk kabel warna hitam sendiri adalah kabel massa

4. Untuk kabel berwarna Orange itu sendiri merupakan kabel  jalur dari CDI menuju ke Koil, sehingga nantinya koil ini akan bekerja sebaik mungkin untuk menaikkan tegangan yang dihasilkan.

5. Untuk kabel yang berwarna hitam putih adalah adalah kabel kunci kontak atau kabel yang mengarah ke kunci kontak yang memiliki fungsi untuk memutuskan atau mematikan mesin.

Bagaimana cukup simpel bukan rangkaian pada sistem pengapian RX king ini, jika kita sudah mengetahui alur dan fungsi dari jalur jalur tersebut maka tidak akan kesulitan saat kita mengalami masalah.

Sedangkan untuk komponen pengapian motor Yamaha RX king sendiri sangat simpel yaitu meliputi :

1. Spull

2. CDI

3. Coil

4. Busi


Itulah penjelasan mengenai masalah rangkaian pengapian pada motor rx king, semoga sedikit informasi ini bisa membantu teman teman.


Posting Komentar untuk "Mengenal Jalur Rangkaian Sistem Pengapian Motor Yamaha RX King"